Jenis Kerusakan Jalan - Structural And Road Engineer

Friday, April 27, 2018

Jenis Kerusakan Jalan



Jenis kerusakan jalan pada perkerasan dapat dikelompokan menjadi 2 macam, yaitu kerusakan fungsional dan kerusakan struktural.

1. Kerusakan Fungsional Kerusakan fungsional adalah kerusakan pada permukaan jalan yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi jalan tersebut. Kerusakan ini dapat berhubungan atau tidak dengan kerusakan structural. Pada kerusakan fungsional, perkerasan jalan masih mampu menahanbeban yang bekerja namun tidak memberikan tingkat kenyamanan dan keamanan seperti yang diinginkan. Untuk itu lapis permukaan perkerasan harus dirawat agar tetap dalam kondisi baik dengan menggunakan metode perbaikan standar Direktorat Jendral Bina Marga 1995.

2.  Kerusakan Struktural Kerusakan struktural adalah kerusakan pada stuktur jalan, sebagian atau seluruhnya yang menyebabkan perkerasan jalan tidak lagi mampu menahan beban yang bekerja diatasnya. Untuk itu perlu adanya perkuatan struktur dari perkerasan dengan cara pemberian pelapisan ulang (overlay), perbaikan dengan perkerasan kaku (rigid pavement), dan perbaikan dengan CTRB (Cement Treated Recycling Base).

sumber : skripsi PEMILIHAN TEKNIK PERBAIKAN PERKERASAN JALAN DAN BIAYA PENANGANANNYA , CARTO ANDRIYANTO
https://eprints.uns.ac.id/4960/1/170773011201009401.pdf

No comments:

Post a Comment